dongoran, nila muharni (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DIKELAS IV SD NEGERI 060821 MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM (1123311047) COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2.NIM (1123311047) APPROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3.NIM (1123311047) ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4.NIM (1123311047) PREFACE.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5.NIM (1123311047) TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
6.NIM (1123311047) TABLES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7.NIM (1123311047) APPENDICES.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
8.NIM(1123311047) CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
12.NIM (1123311047) CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
13.NIM (1123311047) BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan modelTake and Givedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok EnergiPanas di kelas IV SD Negeri 060821 Medan T.A 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan modelpembelajarankooperatiftipetake and givepada materi pokok energi panas di kelas IV SD Negeri 064976 Medan. Subjek dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 060821 Medan yang berjumlah 34 orang.
Hasil penelitian dari 34 orang siswa yang menjadisubjekdalampenelitianini, ternyatahanya 5 orang siswa (14,70%) yang sudahmemilikiketuntasanbelajar,sedangkanselebihnyayaitu 29 orang siswa (85,29%) belummemilikiketuntasanbelajar.Nilai rata-rata kelas yang diperolehhanyamencapai 55 (TidakTuntas).HasiltessiklusI,dari 34 orang siswaterdapat 11 orang siswa (32,35%) yang sudahtuntasbelajar,danselebihnya 23 orang siswa (67,64%) yang belumtuntasbelajar.Nilai rata-rata kelas yang diperoleh 62,94 (TidakTuntas).HasiltessiklusII,dari 34 orang siswaterdapat 31 orang siswa (91,17%) yang sudahtuntasbelajar,danselebihnyahanya 3 orang siswa (8,23%) yang belumtuntasbelajar.Nilai rata-rata kelastelahmencapai 81,47(Tuntas)
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Givedapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pokok Energi Panas di kelas IV SD Negeri 060821 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 169 |
Keywords: | Tipe Take and Give ; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:37 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6634 |