nasution, romawaddah (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101799 DELI TUA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311064 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1123311064 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
3. NIM. 1123311064 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 1123311064 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM. 1123311064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6. NIM. 1123311064 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 1123311064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1123311064 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1123311064 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM. 1123311064 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
14. NIM. 1123311064 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
15. NIM. 1123311064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan keterampilan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 101799 Deli Tua dengan objek penelitian Keterampilan Menulis siswa. pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Tes dan Observasi. Observasi dilakukan untuk guru dan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa dari 20 orang siswa hanya 5 orang siswa (25%) yang tuntas pada keterampilan menulis pelajaran Bahasa Indonesia, dan 15 siswa yang masih belum Tuntas. Berdasarkan hasil Tes awal maka peneliti melakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siklus I pertemuan pertama didapatkan hasil observasi siswa sebesar (48,35%) pada pertemuan kedua siklus I didapat hasil Observasi siswa Sebesar (50,23%) dari kedua hasil observasi tersebut didapat nilai rata-rata sebesar (49,29) dan tergolong Rendah. Selain Observasi siswa, observasi guru juga dilakukan pada siklus I dan diperoleh nilai sebesar (61,11%) pada pertemuan pertama, (76,38%) pada pertemuan kedua, dari hasil observasi guru tersebut didapatkan rata-rata observasi sebesar (68,74%) dan tergolong cukup baik. Berdasarksn dari data siklus I masih didapat nilai yang kurang baik sehingga peneliti melanjutkan tindakan siklus II. Pada pertemuan pertama di siklus II diperoleh hasil observasi siswa sebanyak (80,15%) dan pada pertemuan kedua diperoleh hasil observasi siswa sebanyak (80,65%), dari kedua hasil observasi tersebut maka didapatkan hasil rata-rata observasi siswa sebesar (80,4%). Dan tergolong Tuntas. Hasil observasi guru pada siklus II pertemuan pertama dipeoleh hasil sebesar (84,72%) dan (88,88%) pada pertemuan kedua dari data tersebut diperoleh nilai rata-rata observasi guru sebesar (86,8%) dan tergolong Tinggi. Setelah berakhirnya tindakan siklus I dan siklus II, peneliti kembali memberikan Tes Keterampilan Menulis kepada siswa dan diperoleh hasil yaitu dari 20 orang siswa teredapat 16 orang siswa (80%) termasuk dalam kategori Meningkat dan tuntas, seddangkan 4 orang siswa (20%) masih tergolong dalam kategori tidak tuntas dan tidak meningkat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Picture and Picture dapat menigkatkan keterampilan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi Peristiwa di kelas V SDN 101799 Deli Tua T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 162 |
Keywords: | Pembelajaran Picture and Picture ; Keterampilan menulis ; Bahasa indonesia; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:17 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6630 |