Armega, Nurwahyuningsih Magdalena (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI SEMESTER GENAP TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.
1. 8146142027 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. 8146142027 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. 8146142027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. 8146142027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. 8146142027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. 8146142027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. 8146142027 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. 8146142027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
10. 8146142027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
14. 8146142027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
9. 8146142027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan penuntun praktikum dibidang kimia. Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh penuntun praktikum kimia kelas XI terintegrasi pendidikan karakter, (2) mengetahui pengaruh penggunaan penuntun praktikum terhadap hasil belajar siswa, (3) mengetahui hubungan nilai karakter terhadap hasil belajar. Hasil uji kelayakan penuntun praktikum yang dikembangkan berdasarkan validator ahli sebesar 4,75 dengan kriteria sangat layak dan guru sebesar 3,91 dengan kriteria sangat layak. Penuntun praktikum kimia kelas XI terintegrasi pendidikan karakter diimplementasikan pada siswa dengan mengunakan tes soal. Berdasarkan uji validitas tes, reliabilitas tes, taraf kesukaran tes dan daya beda, soal yang memenuhi syarat sebanyak 20 soal valid dan reliabel. Data dianalisis dengan uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov dan uji homogen menggunakan uji Levene. Data yang telah dianalisis berdistribusi normal dan homogen, maka hipotesis pertama dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan program SPSS 22.0 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,035 < 0,05, maka Ho diterima dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan penuntun praktikum kimia kelas XI terintegrasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar. Hipotesis kedua dilakukan dengan menggunakan uji Korelasi Linear dengan program SPSS 22.0 diperoleh nilai t hitung = 152,146 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan nilai karakter terhadap hasil belajar dengan menggunakan penuntun praktikum kimia kelas XI terintegrasi pendidikan karakter. Maka dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum kimia kelas XI terintegrasi pendidikan karakter layak untuk digunakan sebagai penuntun praktikum kimia kelas XI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Arm p |
Keywords: | Penuntun praktikum; Kimia; Pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 06:57 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6627 |