arwi, nia (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 105325 DALU X A TANJUNG MORAWA T.A 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123311046 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2.NIM 1123311046 APPROVAL SHET.pdf - Published Version
Download (660kB) | Preview
3. NIM 1123311046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM 1123311046 PREPACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM 1123311046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM 1123311046 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 1123311046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8.NIM 1123311046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 1123311046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
13. NIM 1123311046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
14. NIM 1123311046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa pada materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 105325 Dalu X A Tanjung Morawa. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model Cooperative Script pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 105325 Dalu X A Tanjung Morawa T.A 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 105325 Dalu X A Tanjung Morawa sebanyak 30 orang siswa yaitu 9 siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa soal pilihan berganda dengan butir soal sebanyak 20. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan pada tes awal dari 30 orang siswa diperoleh 4 orang siswa (13,33%) yang mendapat nilai tuntas sementara 26 siswa (86,66%) mendapat nilai tidak tuntas dengan nilai rata-rata mencapai 46,83, selanjutnya pada siklus I peneliti menggunakan model Cooperative Script pada proses pembelajaran, tes hasil belajar siswa naik menjadi 16 orang siswa (53,33%) mendapat nilai tuntas sedangkan 14 orang siswa (46,66%) yang mendapat nilai belum tuntas, dengan nilai rata- rata mencapai 63,5. Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dari 30 orang siswa diperoleh menjadi 27 orang siswa (90%) yang tuntas sedangkan sebanyak 3 orang siswa (10%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata- rata mencapai 80,5. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Script pada siklus I diperoleh nilai 55,00 kemudian mengalami peningkatkan pada siklus II yaitu dengan perolehan nilai 91,66
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 105325 Dalu X A Tanjung Morawa T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 064 |
Keywords: | Cooperative Script; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 06:16 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 06:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6618 |