lestari, winda (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123111101 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 1123111101 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
3. NIM 1123111101 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM 1123111101 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 1123111101 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 1123111101 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 1123111101 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 1123111101 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 1123111101 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. NIM 1123111101 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 1123111101 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. NIM 1123111101 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
Abstract
yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah 1. hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih belum mencapai KKM, 2. Guru kurang bervariasi dalam mengunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siwa, 3. keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang tidak terhubung dengan materi pelajaran, 4. siswa masih mengagap pelajaran IPA sulit untuk dipelajari. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN No. 101767 Tembung T.A 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan mengunakan 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung sebanyak 21 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki - laki dan 8 orang siswa perempuan. teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan,diperoleh presentasi ketuntasan klasikal pada saat pretest sebesar 9,52% dengan nilai rata-rata kelas 49,3%. setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata kelas 66,6. kendala pada siklus ini adalah siswa megalami kesulitan dalam mengungkapan pemahamanya dengan bentuk pengucapan. pada siklus II, diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 95,23% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 83,3
dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembeljaran artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 101767 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK- 2016 PGSD 093 |
Keywords: | Artikulasi ; IPA; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 04:30 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6611 |