Ilham,, M. Nasrul (2016) PENERAPAN MODEL SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI 020267 BINJAI KOT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123311039 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM 1123311039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
3. NIM 1123311039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM 1123311039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5. NIM 1123311039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM 1123311039 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 1123311039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 1123311039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 1123311039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM 1123311039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 1123311039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Sains sering dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran, sehingga banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains sangat rendah.penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi pesawat sederhana dengan menggunakan model pembelajaran scramble di kelas V SD 020267 Binjai Kota.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 020267 Binjai Kota tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 36 siswa. pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes dan lembar observasi.
Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Scramble pada pelajaran Sains di kelas V SD Negeri 020267 Binjai Kota menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang berjumlah 36 orang siswa. Dari hasil pre test diperoleh siswa yang tuntas belajar sebanyak 6 orang (16,70%) yang tidak tuntas sebanyak 30 orang (83,30%) dengan nilai rata-rata kelas 49,97. Setelah dilakukan siklus I diperoleh siswa yang tuntas belajar 17 orang (47,20%) yang tidak tuntas sebanyak 19 orang (52,80%) dengan nilai rata-rata 66,47. Melihat dari hasil perolehan nilai pada siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada siklus II dimana diperoleh siswa yang tuntas belajar 32 orang (88,89%) yang tidak tuntas sebanyak 4 orang siswa (11,11%) dengan nilai rata-rata kelas 79,39. Peningkatan hasil belajar dari keadaan awal (pre test) ke siklus I sebesar 30,50% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 41,69%.
Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran scramble pada pelajaran Sains dapat meningkatan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 020267 Binjai Kota.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 156 |
Keywords: | Hasil Belajar; Scramble;Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 03:30 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6605 |