Sembiring, Rajab Suranta (2012) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN CTL DI KELAS IV SDN 101824 DURIAN SIMBELANG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920349 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
071211920349 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
071211920349 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
071211920349 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
071211920349 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
071211920349 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
071211920349 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
071211920349 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
071211920349 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
071211920349 BAB I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
071211920349 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
071211920349 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
071211920349 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar siswa dalam pelajaran Sains di kelas IV pada materi pokok Sumber Daya Alam (SDA), sehingga penelitian dilakukan menggunakan pendekatan CTL guna meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran Sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar siswa pada pelajaran Sains dalam materi pokok Sumber Daya Alam (SDA). Sehingga penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 101824 Durian Simbelang kecamatan Pancur Batu dengan subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 31 orang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran pendekatan CTL dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada materi pokok Sumber Daya Alam (SDA). Penentuan subjek penelitian ini berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang diteliti dan berdasarkan pengamatan peneliti dan guru kelas. Pelaksanaan PTK dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan (observasi). Dari observasi yang dilakukan diperoleh hasil yang terus meningkat dari setiap siswa. Pada siklus I pertemuan 1 dengan persentase (26,87%) siklus I pertemuan 2 (33,32%), siklus II pertemuan 1 (54,29%) dan siklus II pertemuan II (91,4%). Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 31 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan kreativitas belajar. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran pendekatan CTL dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran Sains materi pokok Sumber Daya Alam (SDA) di kelas IV SDN 101824 Durian Simbelang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sem m |
Keywords: | Kreativitas Belajar; Sains; Pendekatan Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LD Individual institutions (United States) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6597 |