Ginting, Rehngenana (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313277 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
108313277 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108313277 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
108313277 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313277 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
108313277 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313277 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313277 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313277 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
108313277 BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
108313277 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
108313277 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa padamateri Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia kelas V SD Neger i 101774Sampali T.A 2011/2012. Dan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa kelas V SD Neger i 101774 Sampali T.A 2011/2012.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian iniadalah siswa kelas V SD Neger i 101774 Sampali yang ber jumlah 35 orang siswayang terdiri dar i 18 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Prosedurdalam penelitian ini terdiri dar i dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dan 4(empat) tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dantehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan test pilihanberganda yang terdiri dari 20 soal dan lembar observasi yaitu lembar observasikegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa.Berdasarkan tindakan penelitian yang telah dilaksanakan hasil yangdiproleh menunjukkan bahwa pada pre test diperoleh nilai rata-rata adalah 54,14dari 35 orang siswa bahwa 10 orang siswa dinyatakan sudah tuntas belajar denganperentase 28,57% dan 25 orang siswa dinyatakan belum tuntas belajar denganpersentase 71,42%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata adalah 60 dari 35 orangsiswa bahwa 15 orang siswa dinyatakan sudah tuntas belajar dengan persentase42,9% dan 20 orang siswa dinyatakan belum tuntas belajar dengan persentase57,1%, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata adalah 80 dar i 35 orang siswabahwa 31 orang siswa dinyatakan sudah tuntas belajar dengan persentase 88,57%dan 4 orang siswa dinyatakan belum tuntas belajar dengan persentase 11,42%.Dalam observasi kegiatan guru dan siswa, dimana peningkatan nilai rata-ratakegiatan guru pada siklus I yaitu 76,3 (Baik) dan pada siklus II yaitu 94,8 (SangatBaik) dan dimana peningkatan nilai rata-rata kegiatan siswa pada siklus I yaitu69,3 (Cukup) dan pada siklus II yaitu 78,9 (Baik).Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa padamateri Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di kelas V SD Negeri101774 Sampali T.A 2011/2012. Disarankan bagi guru dalam melaksanakanpembelajaran khususnya pada pembelajaran IPS dalam penggunaan metodeSimulasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Gin m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Metode Simulasi; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6594 |