Ginting, Rhesty Yulia (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS V SD NEGERI 122374 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2011/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113054 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108113054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108113054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
108113054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108113054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108113054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108113054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108113054 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
108113054 BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
108113054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sains pokok bahasan sifat-sifat cahaya kelas V SD Negeri 122374 Pematang Siantar. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran sains pokok bahasan sifat-sifat cahaya kelas V SD Negeri 122374 Pematang Siantar.Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 122374 Pematang Siantar yang berlokasi dijalan kesatria, kecamatan siantar timur, kota pematang siantar Dengan populasi 24 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilakukan dengan 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.instrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Stad (Student Team Achievement Division) efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sains. Terbukti dengan meningkatnya rata-rata kelas baik melalui lembar observasi maupun lembar angket. Dari hasil observasi rata-rata kelas pada siklus I 54,85% meningkat sekitar 35.5% menjadi 90.15% pada siklus II. nilai rata-rata kelas dari angket, siklus I 54.67% meningkat 25.36% menjadi 80.03%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat, sehingga kelas V SD Negeri 122374 Pematang Siantar telah termotivasi dalam belajar sains Materi Pokok Sifat-sifat Cahaya. Disarankan kepada guru agar mengunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Gin u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6592 |