Saila Is, Melissa (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI KELAS IV SDN NO. 053969 KEC. SELESAI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920406 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
071211920406 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
071211920406 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
071211920406 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
071211920406 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
071211920406 BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
071211920406 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
071211920406 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 053969 Kec. Selesai, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan alat peraga sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pada pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang di kelas IV SD Negeri 053969 Kec. Selesai T.A 2011/2012.Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 20 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun ajaran 2011/2012, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran matematika berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas dengan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 053969 Kec. Selesai, dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar.Dari hasil temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil tes awal siswa masih memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80%, yaitu 19 orang siswa (75%) yang belum tuntas yang memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80% dan sebanyak 5 orang (25%) yang telah tuntas dalam belajar dengan rata-rata kelas 56,05, sehingga baik secara individu maupun klasikal kemampuan awal siswa masih tergolong belum tuntas dalam belajar. Pada siklus I terdapat 10 orang siswa (50%) yang belum tuntas yang memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80% dan sebanyak 10 orang (50%) yang telah tuntas dalam belajar dengan rata-rata kelas 65,25. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi jaring-jaring bangun ruang berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Pada siklus II sebanyak 19 orang siswa (95%) yang telah tuntas dalam belajar dan terdapat 1 orang siswa (5%) yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas 80,25. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi jaring-jaring bangun ruang telah mencapai ketuntasan dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sai m |
Keywords: | alat peraga; matematika ; metode jaring-jaring; bangun ruang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6587 |