Siregar, Farija Roslaini (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA IPA DI KELAS IV SD NEGERI 104188 MEDAN KRIO TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313100 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313100 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108313100 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313100 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
108313100 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313100 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313100 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313100 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313100 BAB I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
108313100 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313100 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
108313100 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada matapelajaran IPA di SD Negeri 104188 Medan Krio. Penelitian ini bertujuan apakah dengan menggunakan metode Mind Mapping pada IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitiansebanyak 26 orang siswa terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswaperempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda dengan 10 butir soal. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa selama prosespembelajaran berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata – rata pada saat dilakukan tes awal mencapai 45,38 dengan perincian dari 26 orang siswa diperoleh 4 orang siswa (15,38%) yang mendapat nilai tuntas,sedangkan 22 orang siswa (84,62%) mendapat nilai belum tuntas. Pada siklus I naik menjadi 11 orang siswa (42,31%) yang mendapat nilai tuntas, sedangkan 15 orang siswa (57,69%) mendapat nilai belum tuntas tidak tuntas. Siklus II dari 26 orang siswa diperoleh 25 orangsiswa (96,15%) mendapat nilai tuntas, sedangkan 1 orang siswa (3,85%) mendapat nilai belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada IPA di kelas IV SD Negeri 104188 Medan Krio Tahun Ajaran 2011/ 2012. Disarankan kepada kepala sekolah menyediakan metode Mind Mapping sebagai sarana pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Disarankan bagi guru agar pada setiap pembelajaran selalumenggunakan metode Mind Mapping sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sir m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Metode Mind Mapping; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6586 |