Siregar, Efri Agustina (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROYEK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106170 KEC. BIRU-BIRU TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313079 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
108313079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108313079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313079 BAB I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
108313079 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasilmbelajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode proyek pada sub pokok bahasan gaya magnet bagi siswa kelas V SD. Negeri 106170 Ajibaho Kec. Biru-biru T.A 2011/2012. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan metode proyek pada sub pokok bahasan gaya magnet dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Negeri 106170 Ajibaho Kec. Biru-biru?Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (clasroom action research), sesuai dengan jenis penelitian maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian yang berupa siklus, dalam penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II yang meliputi: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan (mulai kegiatan persiapan mengajar sampai pelaksanaan tindakan).Subjek penelitian dalam PTK ini adalah siswa kelas V SD. Negeri 106170 Ajibaho Kec. Biru-biru T.A 2011/2012 yang terdiri dari 23 oarang siswa, perempuan terdiri dari 11 siswa dan laki-laki terdiri dari 12 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan gaya magnet dengan menggunakan metode proyek. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, lembar observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung guna mendapatkan data hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan gaya magnet.Penelitian ini terdiri pre test dan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan siklus I, peneliti melakukan pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa dengan melihat letak kesulitan siswa dalam memperhatikan materi gaya magnet. Dari pre test dilanjutkan ke siklus I dan selanjutnya siklus II dengan memberikan post test I dan berlanjut ke post test II untuk lebih memotivasi siswa melihat hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre test diperoleh nilai rata-rata adalah 57,7 dengan perincian dari 23 jumlah siswa terdapat 3 siswa (13,1 %) sudah tuntas belajar dan 20 siswa (86,9 %) tidak tuntas belajar. Pada siklus I dengan melaksanakan post test I yaitu nilai rata-rata kelas 68,2 dengan perincian 11 siswa (47,8 %) sudah tuntas dan 12 siswa (52,2 %) belum tuntas belajar, dan pada siklus II dengan melaksanakan post test II diperoleh nilai rata-rata kelas 86,7 dengan perincian 21 siswa (91,3 %) sudah tuntas belajar dan 2 siswa (8,7 %) belum tuntas belajar,Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan gaya magnet di kelas V S. Negeri 106170 Ajibaho Kec. Biru-biru T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sir m |
Keywords: | Hasil Belajar IPA; Metode Proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Sep 2016 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6576 |