Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Adobe flash cs6 di SMK Swasta I melda Medan

HUTAPEA, ERIS (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Adobe flash cs6 di SMK Swasta I melda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.5123331014 COVER.pdf] Text
1. NIM.5123331014 COVER.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 2. NIM.5123331014 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.5123331014 APPROVAL SHEET.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of 3. NIM.5123331014 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.5123331014 ABSTRACT.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4. NIM.5123331014 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.5123331014 PREFACE.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 5. NIM 5123331014 DAFTAR ISI.pdf] Text
5. NIM 5123331014 DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 6. NIM.5123331014 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM.5123331014 ILLUSTRATION.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 7. NIM.5123331014 TABLES.pdf] Text
7. NIM.5123331014 TABLES.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 8. NIM.5123331014 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.5123331014 CHAPTER I.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 9. NIM.5123331014 CHAPTER II.pdf] Text
9. NIM.5123331014 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 10. NIM.5123331014 CHAPTER III.pdf] Text
10. NIM.5123331014 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[thumbnail of 11. NIM.5123331014 CHAPTER IV.pdf] Text
11. NIM.5123331014 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM.5123331014 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.5123331014 CHAPTER V.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 13. NIM.5123331014 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.5123331014 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 14. NIM.5123331014 ENCLOSUR.pdf] Text
14. NIM.5123331014 ENCLOSUR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan metode yang digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Metode seperti ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif karena siswa lebih banyak mendengarkan sehingga menimbulkan kejenuhan. Menurut beberapa siswa, diperlukan media lain yang dapat mempermudah untuk menumbuhkan fakta dalam memahami materi pelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang berbasis multimedia interaktif merupakan media yang tepat untuk dikembangkan dan digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dan dipadukan dengan model model Hannafin and peck sebagai desain pembelajarannya. Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh ahli media menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 3,85 dan dinyatakan“sangat baik/layak”dan pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,24 dan dinyatakan“sangat baik/layak”, dan pengujian terhadap ahli praktisi menunjukkan rata-rata 4,13 dan dinyatakan “sangat baik dan/layak”. Dilihat dari angket penilaian yang diberikan kepada siswa media ini cukup menarik untuk dipelajari dan di pahami dan nyaman untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: multimedia interaktif; Researchand Development (R&D); ADDIE
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Dec 2025 03:08
Last Modified: 18 Dec 2025 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65742

Actions (login required)

View Item
View Item