Ritonga, Agustina Nurfalah (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PP (PICTURE AND PICTURE) DI KELAS IV SD NEGERI 112151 JANJI LOBI KEC. BILAH HULU TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313006 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108313006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
108313006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
108313006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
108313006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
108313006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
108313006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
108313006 BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
108313006 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
108313006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahya minat belajar siswa Kelas IV SD Negeri 112151 Janji Lobi Kec. Bilah Hulu TA 2011/2012 Pada Pelajaran IPS Khususnya materi teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PP (Picture and Picture) Pada Pelajaran IPS Materi Pokok Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi di Kelas IV SD Negeri 112151 Janji Lobi Kec. Bilah Hulu TA 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Negeri 112151 Janji Lobi Kec. Bilah Hulu yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahap yaitu dan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan 1 siklus 2 kali pertemuan. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan hasil observasi sebelum dilakukan tindakan, Siklus I, Siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 30 orang siswa. Berdasarkan analisis data sebelum dilakukan tindakan Sebelum dilakukan tindakan diketahui bahwa dari 30 orang siswa secara klasikal terdapat 8 orang siswa (26,67%) yang memiliki minat belajar dengan perincian tidak ditemukan siswa yang memiliki minat sangat rendah (0%), sebanyak 8 orang siswa (26,67%) dengan minat belajar rendah, sebanyak 22 orang siswa (73,33%) dengan minat belajar tinggi dan tidak ditemukan (0%) siswa yang memiliki minat belajar sangat tingg dengan rata-rata 56,3. Pada siklus I 30 orang siswa secara klasikal sebanyak 28 orang siswa 73,3% yang memiliki minat belajar dengan perincian tidak ditemukan siswa yang memiliki minat sangat rendah (0%), sebanyak 8 orang siswa (25%), sebanyak 21 orang siswa (65,63%) dengan minat belajar yang tinggi, sebanyak 1 orang siswa (3,33%) dengan minat belajar tinggi dengan rata-rata 64,4. Pada siklus II secara klasikal sebanyak 28 orang siswa (93,33%) yang memiliki minat belajar dengan perincian sebanyak 2 orang siswa (6,67%) memiliki minat belajar rendah, sebanyak 18 orang siswa (60,0%), memiliki minat belajar tinggi dan sebanyak 10 orang siswa (33,33%) dengan rata-rata 75,6.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran kooperatif Picture and Picture (PP) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi di Kelas IV SD Negeri 112151 Janji Lobi Kec. Bilah Hulu TA 2011/2012. Dengan demikian disarankan kepada guru agar meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Picture and Picture (PP) sebagai alaternatif untuk meningkatkan minat bealajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Rit m |
Keywords: | Minat Belajar; Pembeljaran Tipe Picture and Picture; IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6574 |