HANDOKO, YOPI (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik Pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123131045 COVER.pdf
Download (259kB)
02. NIM 5123131045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
03. NIM 5123131045 ABSTRAK.pdf
Download (338kB)
04. NIM 5123131045 KATA PENGANTAR.pdf
Download (314kB)
05. NIM 5123131045 DAFTAR ISI.pdf
Download (395kB)
06. NIM 5123131045 DAFTAR TABEL.pdf
Download (151kB)
07. NIM 5123131045 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (189kB)
08. NIM 5123131045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (277kB)
09. NIM 5123131045 CHAPTER I.pdf
Download (653kB)
10. NIM 5123131045 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 5123131045 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 5123131045 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (664kB)
13. NIM 5123131045 CHAPTER V.pdf
Download (395kB)
14. NIM 5123131045 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (338kB)
15. NIM 5123131045 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaransnowball throwing pada siswa kelas X TITL di SMK Negeri1 Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswsa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, berjumlah 3 kelas, kelas TITL 1 berjumlah 3 orang, kelas TITL 2 berjumlah 30 orang dan kelas TITL 3 berjumlah 31 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran snowball throwing)dan kelas kontrolnya (menggunakan model pembelajaran problem based learning). Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil belajar pekerjaan dasar elektromekanik. Nilai rata-rata post test siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,44 dan kelas kontrol sebesar 74,11. Untuk uji normalitas data pada taraf signifikan sebesar 0,05. Uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0,0333 dan Ltabel sebesar 0,147 karena Lhitung< 1,85 maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikan menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar menggunakan (model pembelajaran snowball throwing) dengan (model pembelajaran problem based learning) dilihat dari thitung 3,7903 yang lebih besar dari ttabel 1,6715, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha di terima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Snowball Throwing; Model Pembelajaran Konvensional |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:47 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:47 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65732 |
