Lumbantoruan, Tohom (2019) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Pada Siswa Kelas XI Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Binjai T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143122026 COVER.pdf
Download (800kB)
2. NIM 5143122026 APPROVAL SHEET.pdf
Download (557kB)
3. NIM 5143122026 ABSTRACT.pdf
Download (551kB)
4. NIM 5143122026 PREFACE.pdf
Download (503kB)
5. NIM 5143122026 TABLES OF CONTENT.pdf
Download (483kB)
6. NIM 5143122026 TABLES.pdf
Download (413kB)
7. NIM 5143122026 ILLUSTRATION.pdf
Download (373kB)
8. NIM 5143122026 APPENDICES.pdf
Download (379kB)
9. NIM 5143122026 CHAPTER I.pdf
Download (806kB)
10. NIM 5143122026 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 5143122026 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 5143122026 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 5143122026 CHAPTER V.pdf
Download (558kB)
14. NIM 5143122026 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (512kB)
15. NIM 5143122026 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada siswa kelas XI Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Binjai T.A 2018/2019. (2) Hubungan antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru melalui motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada siswa kelas XI Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Binjai T.A 2018/2019. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Binjai yang berjumlah 58 orang. Dalam hal ini, seluruh populasi dalam penelitian diambil sebagai sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Binjai. Data untuk penelitian dikumpulkan dengan menyebar angket, dimana data yang dijaring dengan angket adalah Persepsi siswa dan Motivasi Belajar siswa, sedangkan untuk Hasil Belajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan dari Dokumentasi Kumpulan Nilai. Jumlah instrumen angket Motivasi Belajar siswa sebanyak 30 soal dan 25 soal yang valid dengan koefisien reliabilitas 0,774 tergolong sangat kuat dan untuk variabel Persepsi siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru tidak dilakukan lagi instrumen karena peneliti menggunakan angket yang sudah valid. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh bahwa ρ = 0.151 maka hipotesis diterima, artinya terdapat hubungan yang positif dan sgnifikan secara langsung antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dengan hasil belajar pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada siswa . Sedangkan untuk hubungan antara X1 melalui X2 terhadap Y, diperoleh koefisien korelasi ρ = 0.536, dimana ρ > ρ . Maka dapat disimpulkan terdapat Hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru melalui motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada siswa kelas XI Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Binjai T.A 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Persepsi; Kemampuan Mengajar; Motivasi Belajar dan Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ751 Miscellaneous motors and engines Including gas, gasoline, diesel engines |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:36 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:36 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65731 |
