SUPIANTO, SATRIA (2019) Hubungan Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif pada Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131122006 COVER.pdf
Download (73kB)
2. NIM. 5131122006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (288kB)
3. NIM. 5131122006 ABSTRACT.pdf
Download (142kB)
4. NIM. 5131122006 PREFACE.pdf
Download (244kB)
5. NIM. 5131122006 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (173kB)
6. NIM. 5131122006 TABLES.pdf
Download (116kB)
7. NIM. 5131122006 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 5131122006 APPENDICES.pdf
Download (117kB)
9. NIM. 5131122006 CHAPTER I.pdf
Download (592kB)
10. NIM. 5131122006 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (728kB)
11. NIM. 5131122006 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM. 5131122006 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 5131122006 CHAPTER V.pdf
Download (140kB)
14. NIM. 5131122006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (267kB)
15. NIM. 5131122006 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar otomotif pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrumen angket model Likert dan tes hasil belajar. Jumlah populasi 65 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 39 siswa, cara pengambilan sampel dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan Koefisien Kesepakatan. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi korelasi Product Moment korelasi parsial dan korelasi ganda dengan bantuan program SPSS 22. Dari hasil analisis pada N = 39 taraf signifikan 5 % diperoleh rtabel = 0,3160 hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar otomotif diperoleh rhitung = 0,0731 dan rparsial = 0,1147, hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar otomotif diperoleh rhitung = 0,2659 dan rparsial = 0,1211, hubungan antara motivasi belajar belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar otomotif diperoleh rhitung = 0,0523. Dengan demikian maka variabel motivasi belajar, kemandirian belajar dan hasil belajar pekerjaan dasar otomotif memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar otomotif pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | motivasi belajar; kemandirian belajar; hasil belajar pekerjaan dasar otomotif |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ751 Miscellaneous motors and engines Including gas, gasoline, diesel engines |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:31 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:31 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65730 |
