Lestari, Silvi (2012) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 164517 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313324 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
108313324 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
108313324 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108313324 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313324 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313324 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313324 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313324 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313324 BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
108313324 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
108313324 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian meningkatkan kreativitas belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi di kelas V SD Negeri 164517 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 164517 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 21 orang terdiri 13 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa check-list kreativitas belajar siswa dan fortopolio yang berisikan kumpulan hasil karya siswa menulis puisi. Instrument lembar observasi dalam penelitian ini digunakan daftar check-list kreativitas belajar siswa. Hasil observasi dapat dilihat dari kreativitas belajar siswa pada semester I tahun 2010/2012 yang berjumlah 21 orang dapat diperoleh data, yang memiliki kreativitas 14,2% atau hanya 3 orang siswa, yang tidak memiliki kreativitas 85,7% sebanyak 18 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 54.28% dari 21 siswa, terdapat 4 siswa (19.0%) tergolong kreatif dan 17 siswa (80.9%) tergolong tidak kreatif, dan pada siklus II menunjukkan peningkatan kreativitas siswa dalam menulis puisi. Terlihat dari nilai rata-rata kelas hanya 71.6% dari 21 siswa, terdapat 19 siswa (90.4%) tergolong kreatif dan 2 siswa (9.5%) tergolong tidak kreatif.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Edutainment dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi kelas V SD Negeri 164517 Tebing Tinggi Kota Kota Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode yang sesuai dalam penerapan KBM, agar meningkatkan kreativitas dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Les m |
Keywords: | Kreativitas Belajar; Metode Edutainment; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6573 |