-, Ramadansyah (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Yayasan Perguruan Al-Fattah Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123122029 COVER.pdf
Download (58kB)
2. NIM 5123122029 APPROVAL SHEET.pdf
Download (287kB)
3. NIM 5123122029 ABSTRACT.pdf
Download (179kB)
4. NIM 5123122029 PREFACE.pdf
Download (139kB)
5. NIM 5123122029 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (141kB)
6. NIM 5123122029 TABLES.pdf
Download (89kB)
7. NIM 5123122029 ILLUSTRATION.pdf
Download (54kB)
8. NIM 5123122029 APPENDICES.pdf
Download (82kB)
9. NIM 5123122029 CHAPTER I.pdf
Download (302kB)
10. NIM 5123122029 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (797kB)
11. NIM 5123122029 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (726kB)
12. NIM 5123122029 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (762kB)
13. NIM 5123122029 CHAPTER V.pdf
Download (140kB)
14. NIM 5123122029 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (84kB)
15. NIM 5123122029 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan Yayasan Perguruan Al Fattah Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pre test – Post test Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Yayasan Perguruan Al-Fattah Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 90 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, dimana diperoleh ketentuan yaitu kelas X TKR I sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas X TKR II sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif berupa pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk tes pilihan berganda (multiple choice). Test ini dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu pada test awal (Pre Test) dan test akhir (Post Test). Dari hasil perhitungan uji t post test diperoleh nilai thitung sebesar 2,2323 dan ttabel sebesar 1,6723 pada taraf α = 0,05 sehingga diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,2323 > 1,6723. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan Yayasan Perguruan Al-Fattah Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran; Discovery Learning; Ekspositori; Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ751 Miscellaneous motors and engines Including gas, gasoline, diesel engines |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 02:00 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 02:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65724 |
