Purba, Horas Hansel Tamrin (2019) Hubungan Motivasi Belajar dan Percaya Diri Siswa dengan Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Bensin Pada Siswa Kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Swasta Markus 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123122016 COVER.pdf
Download (66kB)
2. NIM. 5123122016 APPROVAL SHEET.pdf
Download (379kB)
3. NIM. 5123122016 ABSTRACT.pdf
Download (220kB)
4. NIM. 5123122016 PREFACE.pdf
Download (212kB)
5. NIM. 5123122016 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (171kB)
6. NIM. 5123122016 TABLES.pdf
Download (113kB)
7. NIM. 5123122016 ILLUSTRATION.pdf
Download (111kB)
8. NIM. 5123122016 APENDICES.pdf
Download (113kB)
9. NIM. 5123122016 CHAPTER I.pdf
Download (342kB)
10. NIM. 5123122016 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 5123122016 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (773kB)
12. NIM. 5123122016 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (834kB)
13. NIM. 5123122016 CHAPTER V.pdf
Download (62kB)
14. NIM. 5123122016 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (245kB)
15. NIM. 5123122016 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar sistem bahan bakar bensin, hubungan antara percaya diri siswa terhadap hasil belajar sistem bahan bakar bensin, hubungan antara motivasi belajar dan percaya diri terhadap hasil belajar sistem bahan bakar bensin pada siswa kelas XI TSM SMK Swasta Markus 2 Medan T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrument angket model likert dan tes. Jumlah populasi 50 siswa. Uji validitas angket menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji validitas tes menggunakan Korelasi Point Biserial, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder dan Richardson dengan K-R 20. Hasil penelitian di analisis menggunakan Teknik Korelasi Product Moment, korelasi parsial dan korelasi ganda dengan bantuan program SPSS Versi 21.00. Hasil analisis data pada N = 50 taraf signifikan 95 % diperoleh hasil uji hipotesis yaitu: hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar sistem bahan bakar adalah sebesar 0,555 diperoleh persamaan regresi berganda Ŷ = 4,013 + 0,555 X1 + 0,557 X2 dengan nilai thitung = 5,257 dan nilai ttabel = 1,667 diperoleh hubungan yang positif dan signifikan, hubungan antara percaya diri dengan hasil belajar sistem bahan bakar bensin adalah analisis regresi ganda koefisien untuk percaya diri sebesar 0,557 dengan nilai thitung = 4,401 dan nilai ttabel = 1,677 diperoleh hubungan yang positif dan signifikan serta hubungan antara motivasi belajar dan percaya diri dengan hasil belajar sistem bahan bakar bensin adalah berdasarkan hasil uji F menunjukkan Fhitung = 126,125 dan Ftabel = 3,19 maka diperoleh hubungan yang positif dan signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan percaya diri dengan hasil belajar sistem bahan bakar bensin pada siswa kelas XI TSM SMK Swasta Markus 2 Medan T.A 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi Belajar; Percaya Diri; Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Bensin |
| Subjects: | T Technology > TP Chemical technology > TP315 Fuel |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 04:02 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 04:02 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65719 |
