Boangmanalu, Tesa Setia (2019) Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5141111009 COVER.pdf
Download (38kB)
2. NIM 5141111009 APPROVAL SHEET.pdf
Download (242kB)
3. NIM 5141111009 ABSTRACT.pdf
Download (109kB)
4. NIM 5141111009 PREFACE.pdf
Download (143kB)
5. NIM 5141111009 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (76kB)
6. NIM 5141111009 TABLE.pdf
Download (48kB)
7. NIM 5141111009 APPENDICES.pdf
Download (47kB)
8. NIM 5141111009 ILLUSTRATION.pdf
Download (48kB)
9. NIM 5141111009 CHAPTER I.pdf
Download (393kB)
10. NIM 5141111009 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (692kB)
11. NIM 5141111009 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (864kB)
12. NIM 5141111009 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (768kB)
13. NIM 5141111009 CHAPTER V.pdf
Download (168kB)
14. NIM 5141111009 BIBILOGRAPHY.pdf
Download (61kB)
15. NIM 5141111009 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan di SMK Negeri 5 Medan Tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur Tindakan direncanakan dalam dua siklus pembelajaran . Siklus pertama mempelajari batu dan beton. Siklus kedua mempelajari material penyusun batu dan beton.Hasil uji coba Tes hasil belajar pada siklus I, dari 25 soal diperoleh 19 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 10 soal yang mudah,9 soal yang sedang dan pada siklus soal siklus pertama tidak terdapat soal yang sulit. Uji daya beda soal 10 soal kategori baik dan 9 soal cukup. Pada siklus II, dari 25 soal diperoleh 18 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 11 soal yang mudah, 7soal yang sedang dan tidak terdapat soal yang sulit. Uji daya beda soal 8 soal kategori baik 8 soal cukup dan 2 soal yang berkategori jelek . penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indikator rata-rata kumulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 75 dalam mata pembelajaran konstruksi bangunan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perolehan nilai rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 13,5% yaitu pada siklus I dengan rata-rata 70,20 menjadi 83,7 pada siklus II. Pada perolehan nilai rata rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,2%, yaitu pada siklus I dengan rata-rata 72,6 kategori tidak kompeten meningkat menjadi 84,8 pada Siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pelajaran kostruksi bangunan pada siswa kelas X Program keahlian Desain pemodelan dan informasi bangunan tahun ajaran 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Numbered Head Together; Aktivitas; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:36 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:36 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65712 |
