Pertiwi, Dian (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SDN 050768 AIR HITAM KEC. GEBANG TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313068 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
108313068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
108313068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
108313068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108313068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313068 BAB I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
108313068 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
108313068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini melengkapi kegiatan untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada materi pokok pesawat sederhana di Kelas V SD Negeri 050768 Air Hitam Kec. Gebang Tahun Ajaran 2011/2012.Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah” Apakah dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains Materi pokok Pesawat sederhana di Kelas V SD Negeri 050768 Air Hitam Kec. Gebang Tahun Ajaran 2011/2012?Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains materi pokok Pesawat Sederhana di Kelas V SD Negeri 050768 air Hitam kec. Gebang Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah 32 orang siswaPenelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran model jigsaw. Data dikumpulkan dengan menggunakan test dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa. Data di analisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif.Berdasarkan analisis data pada saat pretest diperoleh tingkat ketuntasan secara klasikal yaitu 8 orang ( 25 % ) dan 24 orang ( 75% ) yang tidak tuntas. Setelah pelaksanaan siklus 1 dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 15 orang (46,88% ) dan 17 orang ( 53,12% ) yang tidak tuntas. Selanjutnya penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw dan media yang lebih bervariatif. Maka diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa semakin lebih meningkat yaitu sebanyak 29 orang siswa ( 90,63 % ) dan 3 0rang ( 9,37 % ) yang tidak tuntas.Bedasarkan temuan dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Pesawat sederhana di Kelas V SD Negeri 050768 Air Hitam Kec. Gebang. Oleh karena itu guru perlu meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengembangkan model pembelajaran kooperatif Tipe jigsaw dalam mata Pelajaran Sains.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Per m |
Keywords: | Hasil Belajar; Siswa; Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6571 |