BANGUN, SRI PUJI LESTARI (2019) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mekanika Teknik Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153111043 COVER.pdf
Download (37kB)
2. NIM 5153111043 APPROVAL SHEET.pdf
Download (900kB)
3. NIM 5153111043 ABSTRACT.pdf
Download (61kB)
4. NIM 5153111043 PREFACE.pdf
Download (94kB)
5. NIM 5153111043 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (83kB)
6. NIM 5153111043 TABLES.pdf
Download (40kB)
7. NIM 5153111043 ILLUSTRATION.pdf
Download (38kB)
8. NIM 5153111043 APPENDICES.pdf
Download (38kB)
9. NIM 5153111043 CHAPTER I.pdf
Download (372kB)
10. NIM 5153111043 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (906kB)
11. NIM 5153111043 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (658kB)
12. NIM 5153111043 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (633kB)
13. NIM 5153111043 CHAPTER V.pdf
Download (86kB)
14. NIM 5153111043 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (58kB)
15. NIM 5153111043 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mekanika teknik melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan semester genap Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Dari hasil penelitian siklus I didapat aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata 64,76 dalam kategori tidak aktif meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,04 dalam kategori aktif. Untuk rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 76,05 dengan kategori cukup kompeten meningkat pada siklus II menjadi 85,86 dengan kategori Kompeten. Hasil penelitian menunjukkan pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik dapat diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Discovery Learning; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Mekanika Teknik |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 08:40 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 08:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65705 |
