HERIANTO, DANIEL JUNI (2019) Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Membaca Gambar Dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak Autocad Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123111008 COVER.pdf
Download (136kB)
2. NIM 5123111008 APROVAL SHEET.pdf
Download (525kB)
3. NIM 5123111008 ABSTRACT.pdf
Download (240kB)
4. NIM 5123111008 PREFACE.pdf
Download (159kB)
5. NIM 5123111008 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (232kB)
6. NIM 5123111008 TABLE.pdf
Download (141kB)
7. NIM 5123111008 ILLUSTRATION.pdf
Download (111kB)
8. NIM 5123111008 APPENDICES.pdf
Download (142kB)
9. NIM 5123111008 CHAPTER I.pdf
Download (424kB)
10. NIM 51231111008 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (736kB)
11. NIM 5123111008 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 51231111008 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (776kB)
13. NIM 5123111008 CHAPTER V.pdf
Download (199kB)
14. NIM 5123111008 BIBLIOGRAHY.pdf
Download (143kB)
15. NIM 5123111008 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Adanya hubungan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran autocad di SMK Negeri 5 Medan. 2) Adanya hubungan antara kemampuan membaca gambar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran autocad di SMK Negeri 5 Medan. 3) Adanya hubungan antara motivasi berprestasi dan kemampuan membaca gambar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran autocad di SMK Negeri 5 Medan.Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, Reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Disimpulkan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran autocad di SMK Negeri 5 Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilai rxly >rtabel = 0,380 > 0,349 dengan harga thitung > ttabel = 2,328> 2,042. 2) Terhadap hubungan positif dan berarti antara kemampuan membaca gambar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran autocad di SMK Negeri 5 Medan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilai (y) rx2y> rtabel = 0,635> 0,349 dengan harga thitung > ttabel = 4,654> 2,042. 3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara motivasi berprestasi dan kemampuan membaca gambar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran autocad di SMK Negeri 5 Medan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan korelasi yang memberikan hasil rx1x2y> rtabel = 0,491> 0,349 dan diperoleh determinasi R2 = 0,409 yang berarti motivasi berprestasi (X1) dan kemampuan membaca gambar (X2) dengan harga hitung fhitung = 10,073> ftabel = 3,33. Dengan demikian motivasi berprestasi dan kemampuan membaca gambar mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran autocad di SMK Negeri 5 Medan. Dengan demikian Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Membaca Gambar mempunyai Hubungan yang positif dan berarti dengan Hasil Belajar Gambar Autocad.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi Berprestasi; Kemampuan Membaca Gambar; Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak Autocad |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:11 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:11 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65703 |
