SINAGA, ROY FANS SYAPUTRA (2019) Penerapan Setrategi Pembelajaran kuantum (Quantum Teaching) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Gambar Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131111021 COVER.pdf
Download (47kB)
2. NIM. 5131111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (224kB)
3. NIM. 5131111021 ABSTRAK.pdf
Download (67kB)
4. NIM. 5131111021 KATA PENGANTAR.pdf
Download (61kB)
5. NIM. 5131111021 DAFTAR ISI.pdf
Download (62kB)
6. NIM. 5131111021 DAFTAR TABEL.pdf
Download (32kB)
7. NIM. 5131111021 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (31kB)
8. NIM. 5131111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (31kB)
9. NIM. 5131111021 BAB I.pdf
Download (256kB)
10. NIM. 5131111021 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (644kB)
11. NIM. 5131111021 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (885kB)
12. NIM. 5131111021 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (596kB)
13. NIM. 5131111021 BAB V.pdf
Download (86kB)
14. NIM. 5131111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (68kB)
15. NIM. 5131111021 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Gambar Teknik di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan Tahun 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa. Prosedur tindakan dilakukan dalam dua siklus yang masing masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Data penelitian diambil dari lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif aktivitas siswa yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dan hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 70 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas >70% siswanya tuntas. Hasil penelitian menunjukkan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 9,77 terjadi peningkatan pada siklus II dengan skor 14,87, peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan peningkatan signifikan terhadap aktivitas belajar yakni diperoleh t hitung (5,067) > t tabel (2.042) dengan taraf signifikan 5 %. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,84 dengan kelulusan 54,84% dan siklus II meningkat menjadi 86,65 dengan kelulusan 100%. Hasil uji t menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar yakni diperoleh t hitung (4,249) > t tabel (2.042) dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan Tahun 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran kuantum (Quantum Teaching); Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:00 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65702 |
