Simatupang, Miranda Putri (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah Kelas X DPIB SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5143111012 COVER.pdf
Download (75kB)
2. NIM 5143111012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (412kB)
3. NIM 5143111012 ABSTRACT.pdf
Download (385kB)
4. NIM 5143111012 PREFACE.pdf
Download (300kB)
5. NIM 5143111012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (174kB)
6. NIM 5143111012 TABLE.pdf
Download (114kB)
7. NIM 5143111012 ILLUSTRATION.pdf
Download (113kB)
8. NIM 5143111012 APPENDICES.pdf
Download (115kB)
9. NIM 5143111012 CHAPTER I.pdf
Download (526kB)
10. NIM. 5143111012 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 5143111012 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (676kB)
12. NIM 5143111012 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (819kB)
13. NIM 5143111012 CHAPTER V.pdf
Download (347kB)
14. NIM 5143111012 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (143kB)
15. NIM 5143111012 ENCLOSER.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah. Penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Project Based Learning. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitin ini adalah siswa kelas X-1 SMK Negeri 2 Medan Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan yang berjumlah 36 orang, pada semester genap T.A 2018/2019. Teknik pengumpulan data tes hasil belajar praktek menggunakan lembar kerja siswa (jobsheet) berdasarkan penilaian rubrik tes keterampilan (psikomotorik). Dari hasil penelitian didapatkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, siswa yang memperoleh kategori tidak kompeten tidak ada, kategori kompeten mengalami peningkatan sebanyak 13 orang (36,82%), kategori sangat kompeten mengalami peningkatan sebanyak 17 orang (47,22%) dengan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,03%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 74,38 dengan persentase pencapaian 47,73%, mengalami peningkatan pada siklus II, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 87,41 dengan persentase pencapaian 100%. Kenaikan hasil belajar secara signifikan menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi ά = 0,05 dengan dk=34 diperoleh ttabel = 2,2242. Dengan demikian harga thitung > ttabel Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajuan hipotesis penelitian diterima, hal ini ditandai dengan penerapan model pembelajararan Kooperatif Tipe Project Based Learning pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar; Project Based Learning; Dasar-Dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 01:23 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 01:23 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65698 |
