Latifah, Mawadhatun (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Di SMK Binaan Provsu Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 5123311019 COVER.pdf
Download (47kB)
2 NIM. 5123311019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (523kB)
3 NIM. 5123311019 ABSTRAK.pdf
Download (68kB)
4 NIM. 5123311019 KATA PENGANTAR.pdf
Download (94kB)
5 NIM. 5123311019 DAFTAR ISI.pdf
Download (58kB)
6 NIM. 5123311019 DAFTAR TABEL.pdf
Download (30kB)
7 NIM. 5123311019 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (30kB)
8 NIM. 5123311019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (31kB)
9 NIM. 5123311019 BAB I.pdf
Download (478kB)
10 NIM. 5123311019 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (785kB)
11 NIM. 5123311019 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (895kB)
12 NIM. 5123311019 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (528kB)
13 NIM. 5123311019 BAB V.pdf
Download (251kB)
14 NIM. 5123311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (149kB)
15 NIM. 5123311019 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran konstruksi bangunandi kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Binaan Provsu Medan yang berjumlah 23 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Data penelitian diambil dari tes hasil belajar, lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil uji coba instrumen penelitian dari 30 soal pada siklus I terdapat 25 soal valid, uji tingkat kesukaran tes terdapat 18 soal sedang, 3 soal mudah, 4 soal sulit, uji daya pembeda tes terdapat 9 soal cukup, dan 16 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,95 (sangat tinggi). Pada siklus II dari 30 soal terdapat 24 soal valid, uji tingkat kesukaran tes terdapat 18 soal sedang, 4 soal sulit, 2 soal mudah, uji daya pembeda tes terdapat 8 soal baik, dan 17 soal cukup, uji reliabilitas tes didapat 0,954 (sangat tinggi). Hasil penelitian menunjukkanperolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 74,03 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,43. Selanjutnya perolehan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 77,22 dengan persentase kelulusan 69,57% meningkat pada siklus II menjadi 82,97 dengan persentase lulus 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsawdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan siswa kelas XProgram Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Binaan Provsu Medan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Jigsaw; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 05:22 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 05:22 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65694 |
