Tamba, Laurensius Oding M. P. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123111031 COVER.pdf
Download (46kB)
02. NIM 5123111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (362kB)
03. NIM 5123111031 ABSTRACT.pdf
Download (69kB)
04. NIM 5123111031 PREFACE.pdf
Download (94kB)
05. NIM 5123111031 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (59kB)
06. NIM 5123111031 TABLES.pdf
Download (31kB)
07. NIM 5123111031 ILLUSTRATION.pdf
Download (30kB)
08. NIM 5123111031 APPENDIX.pdf
Download (31kB)
09. NIM 5123111031 CHAPTER I.pdf
Download (345kB)
10. NIM 5123111031 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (631kB)
11. NIM 5123111031 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (560kB)
12. NIM 5123111031 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (538kB)
13. NIM 5123111031 CHAPTER V.pdf
Download (137kB)
14. NIM 5123111031 REFERENCES.pdf
Download (32kB)
15. NIM 5123111031 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran konstruksi bangunan dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 25 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan disusun kedalam dua siklus pembelajaran. Dimana pada siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dengan materi pelajaran Jenis-jenis Pondasi. Pada siklus kedua terdiri dari dua pertemuan dengan materi Pondasi Langsung dan Pondasi Tidak Langsung. Hasil uji coba instrumen dilakukan pada siklus pertama dari 20 soal diperoleh 16 soal yang valid dan dari data yang valid dilakukan uji tingkat kesukaran semua soal mudah. Uji daya beda didapat 4 soal cukup baik, 10 soal baik, dan 2 soal sangat baik. Uji reliabilitas diperoleh 0,8620 (sangat tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan indikator hasil belajar siswa mendapai nilai 80 dengan ketuntasan kelas minimal 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada postest pertama siswa yang mendapat nilai ≥75 sebanyak 11 siswa dari 25 siswa. Oleh sebab itu perlu dilanjutkan dengan siklus kedua. Hasil penelitian pada postest kedua menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai ≥75 sebanyak sebanyak 23 siswa dari 25 siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x program keahlian teknik konstruksi kayu pada mata pelajaran konstruksi bangunan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa: Penerapan Model pembelajaran Kopoperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan dapat diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kooperatif Tipe Jigsaw; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 04:49 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 04:49 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65692 |
