Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

Tamba, Laurensius Oding M. P. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 5123111031 COVER.pdf] Text
01. NIM 5123111031 COVER.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 02. NIM 5123111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
02. NIM 5123111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 03. NIM 5123111031 ABSTRACT.pdf] Text
03. NIM 5123111031 ABSTRACT.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 04. NIM 5123111031 PREFACE.pdf] Text
04. NIM 5123111031 PREFACE.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 05. NIM 5123111031 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
05. NIM 5123111031 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 06. NIM 5123111031 TABLES.pdf] Text
06. NIM 5123111031 TABLES.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 07. NIM 5123111031 ILLUSTRATION.pdf] Text
07. NIM 5123111031 ILLUSTRATION.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 08. NIM 5123111031 APPENDIX.pdf] Text
08. NIM 5123111031 APPENDIX.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 09. NIM 5123111031 CHAPTER I.pdf] Text
09. NIM 5123111031 CHAPTER I.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 10. NIM 5123111031 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 5123111031 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[thumbnail of 11. NIM 5123111031 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 5123111031 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[thumbnail of 12. NIM 5123111031 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 5123111031 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[thumbnail of 13. NIM 5123111031 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5123111031 CHAPTER V.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 14. NIM 5123111031 REFERENCES.pdf] Text
14. NIM 5123111031 REFERENCES.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 15. NIM 5123111031 LAMPIRAN.pdf] Text
15. NIM 5123111031 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran konstruksi bangunan dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 25 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan disusun kedalam dua siklus pembelajaran. Dimana pada siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dengan materi pelajaran Jenis-jenis Pondasi. Pada siklus kedua terdiri dari dua pertemuan dengan materi Pondasi Langsung dan Pondasi Tidak Langsung. Hasil uji coba instrumen dilakukan pada siklus pertama dari 20 soal diperoleh 16 soal yang valid dan dari data yang valid dilakukan uji tingkat kesukaran semua soal mudah. Uji daya beda didapat 4 soal cukup baik, 10 soal baik, dan 2 soal sangat baik. Uji reliabilitas diperoleh 0,8620 (sangat tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan indikator hasil belajar siswa mendapai nilai 80 dengan ketuntasan kelas minimal 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada postest pertama siswa yang mendapat nilai ≥75 sebanyak 11 siswa dari 25 siswa. Oleh sebab itu perlu dilanjutkan dengan siklus kedua. Hasil penelitian pada postest kedua menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai ≥75 sebanyak sebanyak 23 siswa dari 25 siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x program keahlian teknik konstruksi kayu pada mata pelajaran konstruksi bangunan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa: Penerapan Model pembelajaran Kopoperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kooperatif Tipe Jigsaw; Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Dec 2025 04:49
Last Modified: 11 Dec 2025 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65692

Actions (login required)

View Item
View Item