Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah Siswa Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan

HUTAGALUNG, IVANA VIDELIA (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah Siswa Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 5143111008 COVER.pdf] Text
1 NIM 5143111008 COVER.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 2. NIM 5143111008 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5143111008 APPROVAL SHEET.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5143111008 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5143111008 ABSTRACT.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 4. NIM 5143111008 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5143111008 PREFACE.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5143111008 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5143111008 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5143111008 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5143111008 TABLES.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5143111008 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5143111008 ILLUSTRATION.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5143111008 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5143111008 APPENDICES.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 9.NIM.5143111008 CHAPTER I.pdf] Text
9.NIM.5143111008 CHAPTER I.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 10. NIM.5143111008 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM.5143111008 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[thumbnail of 11. NIM.5143111008 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM.5143111008 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[thumbnail of 12.NIM.5143111008 CHAPTER IV.pdf] Text
12.NIM.5143111008 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[thumbnail of 13. NIM.5143111008 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.5143111008 CHAPTER V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 14. NIM.5133111010 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.5133111010 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5143111008 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5143111008 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah antara siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran Student Team Achievement Division dan siswa yang diberi perlakuan dengan metode pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Medan Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas X DPIB 1 dan X DPIB 2 terdiri dari 24 siswa dan 27 siswa. Metode pada penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Hasil belajar di dua kelas perlakuan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sebelum diberikan dengan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran Student Team Achievement Division dan metode pembelajaran Konvensional, yaitu pada pre-test untuk perlakuan model pembelajaran Student Team Achievement Divisionmemperoleh 50,00 dan post-test 85,10 serta pada pre-test untuk perlakuan metode pembelajaran Konvensional memperoleh 45,01 dan post-test 77,49. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan uji t, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 4,233 > 1,676 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 50. Kesimpulan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisionpada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah memberi pengaruh yang berbeda jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Metode Pembelajaran Konvensional, maka kesimpulan dari hasil uji hipotesis Ha diterima.Guru perlu mempertimbangkan untuk menggunakan model pembelajaran dalam mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi guru, siswa, dan pihak sekolah dalam meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Student Team Achievement Division
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Dec 2025 04:43
Last Modified: 11 Dec 2025 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65691

Actions (login required)

View Item
View Item