Siregar, Rio Hadinata (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 132412 TANJUNGBALAI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313293 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313293 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
108313293 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313293 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313293 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313293 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313293 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313293 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313293 BAB I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
108313293 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313293 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode Quantum Teaching dalam mengajarkan IPA pada materi jenis-jenis pesawat sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode quantum teaching di kelas V SD Negeri 132412 Tanjungbalai tahun pelajaran 2011/2012.Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 132412, yang berlokasi di Tanjungbalai Kec. Tanjungbalai Selatan yang berjumlah 39 orang siswa yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 25 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilakukan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui hasil belajar siswa pada pree tes menunjukkan bahwa sebanyak 3 siswa atau sebesar 7,69% memiliki hasil belajar yang tuntas, sedangkan sebanyak 36 siswa atau sebesar 92,30% memiliki hasil belajar yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 38,46. Kemudian setelah diadakan tindakan siklus I yaitu sebanyak 15 siswa atau sebesar 38,46% memiliki hasil belajar yang tuntas sedangkan 24 siswa atau sebesar 61,53% memiliki hasil belajar yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 53,58. Dan pada siklus II yaitu sebanyak 33 siswa atau sebesar 84,61% memiliki hasil belajar yang meningkat, sedangkan 6 siswa atau sebesar 15,38% yang memiliki hasil belajar yang belum meningkat dengan nilai rata-rata 72,56. Dari hasil penelitian ini dengan demikian menunjukkan bahwa penggunaan metode quantun teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi jenis-jenis pesawat sederhana kelas V SD Negeri 132412 Tanjungbalai tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sir m |
Keywords: | Hasil Belajar; Siswa; Metode Quantum Teaching; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6569 |