Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pengantar Survey dan Pemetaan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Simanungkalit, Dimpos Hasudungan (2019) Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pengantar Survey dan Pemetaan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5143311005 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5143311005 COVER.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5143311005 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5143311005 APPROVAL SHEET.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5143311005 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5143311005 ABSTRACT.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5143311005 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5143311005 PREFACE.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5143311005 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5143311005 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5143311005 TABLES (1).pdf] Text
6. NIM. 5143311005 TABLES (1).pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5143311005 ILLUSTRATION (1).pdf] Text
7. NIM. 5143311005 ILLUSTRATION (1).pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5143311005 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5143311005 APPENDICES.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5143311005 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5143311005 CHAPTER I.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5143311005 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5143311005 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 5143311005 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5143311005 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM. 5143311005 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5143311005 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM. 5143311005 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5143311005 CHAPTER V.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5143311005 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5143311005 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5143311005 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5143311005 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pengantar Survey dan Pemetaan dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dua kali pertemuan untuk setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan berganda. Dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan siswa 84,38 % dengan rata – rata nilai 79,44. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan 100 % dengan rata – rata nilai 83,97. Hasil belajar siswa meningkat dilihat dari uji hipotesis yang dilakukan dengan hasil thitung didapat 2,7207 dan ttabel 1,669. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajuan hipotesis tindakan diterima dengan thitung yang didapat dari uji hipotesis lebih besar daripada ttabel. Hal ini ditandai dengan penerapan model pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran Pengantar Survey dan Pemetaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Pengantar Survey dan Pemetaan; Blended Learning; Uji Hipotesis
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:49
Last Modified: 11 Dec 2025 02:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65689

Actions (login required)

View Item
View Item