Simanungkalit, Dimpos Hasudungan (2019) Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pengantar Survey dan Pemetaan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143311005 COVER.pdf
Download (78kB)
2. NIM. 5143311005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (528kB)
3. NIM. 5143311005 ABSTRACT.pdf
Download (405kB)
4. NIM. 5143311005 PREFACE.pdf
Download (187kB)
5. NIM. 5143311005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (186kB)
6. NIM. 5143311005 TABLES (1).pdf
Download (175kB)
7. NIM. 5143311005 ILLUSTRATION (1).pdf
Download (272kB)
8. NIM. 5143311005 APPENDICES.pdf
Download (202kB)
9. NIM. 5143311005 CHAPTER I.pdf
Download (657kB)
10. NIM. 5143311005 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 5143311005 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM. 5143311005 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM. 5143311005 CHAPTER V.pdf
Download (341kB)
14. NIM. 5143311005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (236kB)
15. NIM. 5143311005 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pengantar Survey dan Pemetaan dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dua kali pertemuan untuk setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Geomatika SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan berganda. Dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan siswa 84,38 % dengan rata – rata nilai 79,44. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan 100 % dengan rata – rata nilai 83,97. Hasil belajar siswa meningkat dilihat dari uji hipotesis yang dilakukan dengan hasil thitung didapat 2,7207 dan ttabel 1,669. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajuan hipotesis tindakan diterima dengan thitung yang didapat dari uji hipotesis lebih besar daripada ttabel. Hal ini ditandai dengan penerapan model pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran Pengantar Survey dan Pemetaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar; Pengantar Survey dan Pemetaan; Blended Learning; Uji Hipotesis |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:49 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:49 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65689 |
