Novelis, Albert (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbasis Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak Kelas Xi Dpib Di Smk Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5143111001 COVER.pdf
Download (42kB)
2. NIM 5143111001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (643kB)
3. NIM 5143111001 ABSTRACT.pdf
Download (212kB)
4. NIM 5143111001 PREFACE.pdf
Download (162kB)
5. NIM 5143111001TABLE OF CONTENT.pdf
Download (221kB)
6. NIM 5143111001 TABLE.pdf
Download (115kB)
7. NIM 5143111001 APPENDICES.pdf
Download (118kB)
8. NIM 5143111001 CHAPTER I.pdf
Download (478kB)
9. NIM 5143111001 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (709kB)
10. NIM 5143111001 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (767kB)
11. NIM 5143111001 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (602kB)
12. NIM 5143111001 CHAPTER V.pdf
Download (62kB)
13. NIM 5143111001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (142kB)
14. NIM 5143111001 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini tergolong dalam penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelas dengan perlakuan berbeda satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak. Pada awal penelitian diberikan pre test, adapun hasil belajar yang didapat adalah pada kelas eksperimen rata-rata kelas adalah 36,32, standar deviasi 7,91 dan variansnya 62,58 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata kelas adalah 35,45 standar deviasi 8,51 dan variansnya 72,44. Dari hasil pre test ini terlihat bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkan perlakuan masih tergolong rendah. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji liliefors, maka uji normalitas pre test kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,1169 dan Ltabel = 0,1519 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 34. Sedangkan uji normalitas nilai pre test kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,1328 dan Ltabel = 0,1542 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 33. Kemudian uji normalitas nilai post test kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,078 dan Ltabel = 0,1519 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 34. Sedangkan uji normalitas nilai post test kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,0714 dan Ltabel = 0,1542 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 33. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pengetahuan dasar teknik bangunan pada pokok bahasan modifikasi gambar dengan perangkat lunak secara efektif pada Metode Demonstrasi Berbasis Cooperative Learning lebih baik dari hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Metode Demonstrasi; Cooperative learning; konvensional |
| Subjects: | T Technology > TH Building construction |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 04:04 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 04:04 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65682 |
