Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantu LKPD Terhadap Hasil Praktek Pemangkasan Rambut Siswa Kelas XI Kecantikan SMK Negeri 10 Medan

Khalizah, Wina (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantu LKPD Terhadap Hasil Praktek Pemangkasan Rambut Siswa Kelas XI Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5141144021 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5141144021 COVER.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5141144021 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5141144021 APPROVAL SHEET.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5141144021 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5141144021 ABSTRACT.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5141144021 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5141144021 PREFACE.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5141144021 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5141144021 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5141144021 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5141144021 TABLES.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5141144021 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5141144021 ILLUSTRATION.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5141144021 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5141144021 APPENDICES.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5141144021 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5141144021 CHAPTER I.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5141144021 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5141144021 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 5141144021 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5141144021 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5141144021 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5141144021 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5141144021 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5141144021 CHAPTER V.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5141144021 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5141144021 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5141144021 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5141144021 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil praktek pemangkasan rambut solid yang tidak menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya berbantu LKPD pada siswa kelas XI Tata Kecantikan di SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui hasil praktek pemangkasan rambut solid yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya berbantu LKPD pada siswa kelas XI Tata Kecantikan di SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya berbantu LKPD terhadap hasil praktek pemangkasan rambut solid pada siswa kelas XI Tata Kecantikan di SMK Negeri 10 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 60 orang siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu 30 orang siswa kelompok kontrol yang diajar dengan tidak menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya berbantu LKPD dan 30 orang siswa kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya berbantu LKPD. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang dinilai oleh 5 observer yang kompeten. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasilpraktek pemangkasan rambut solid pada siswa kelas XI Tata Kecantikan di SMK Negeri 10 Medan untuk kelas yang tidak menggunakan tutor sebayaberbantu LKPD pada kategori rendah yaitu 56,67% sebanyak 17 orang siswa. Dan untuk kelasyang menggunakan tutor sebaya berbantu LKPD pada kategori tinggi yaitu 53,33% sebanyak 16 siswa. Dan tingkat kecenderungan hasil praktek pemangkasan rambut solid untuk kelas. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0,05 dengan dk=29, diperoleh data hasil praktek pemangkasan rambut solid kelas eksperimen berdistribusi normal, karena berdistribusi normal, karena = 1,87 2,43 dan kelas kontrol = 1,74 2,43. Uji homogenitas diperoleh yaitu 1,86 1,21 sehingga kedua kelas memiliki varians yang sama (homogen).Untuk uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sebesar 5,09 dan sebesar 2,00pada taraf signifikan 0,05 dk=29. Dengan demikian atau . Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya berbantu LKPD terhadap hasil praktek pemangkasan rambut solid pada siswa kelas XI Tata Kecantikan di SMK Negeri 10 Medan. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan metode pembelajaran turor sebaya berbantu LKPD baik digunakan di SMK Negeri 10 Medan terutama dalam materi pemangkasan rambut solid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Tutor Sebaya Berbantu LKPD; Hasil Praktek Pemangkasan Solid
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:54
Last Modified: 10 Dec 2025 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65681

Actions (login required)

View Item
View Item