Situmorang, Rejeki (2019) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Gambar Teknik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning (SFAE) Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMKN 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5151121025 COVER.pdf
Download (143kB)
2. NIM. 5151121025 APPROVAL SHEET.pdf
Download (492kB)
3. NIM. 5151121025 ABSTRACT.pdf
Download (165kB)
4. NIM. 5151121025 PREFACE.pdf
Download (212kB)
5. NIM. 5151121025 TABLE OF CONTEN.pdf
Download (142kB)
6. NIM. 5151121025 TABLES.pdf
Download (113kB)
7. NIM. 5151121025 ILLUSTRATION.pdf
Download (113kB)
8. NIM. 5151121025 APPENDICES.pdf
Download (113kB)
9. NIM. 5151121025 CHAPTER I.pdf
Download (464kB)
10. NIM. 5151121025 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (879kB)
11. NIM. 5151121025 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (975kB)
12. NIM. 5151121025 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (936kB)
13. NIM. 5151121025 CHAPTER V.pdf
Download (346kB)
14. NIM. 5151121025 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (269kB)
15. NIM. 5151121025 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada kompetensi Materi Gambar Teknik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaning (SFAE) mata pelajaran gambar teknik pada kompetensi dasar proyeksi piktorial di kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMKN 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMKN 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019, yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaning (SFAE). Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Gambar Teknik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan posttest dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 17 siswa (53,12%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 15 siswa (46,87%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 71,87 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 53,12%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh 26 siswa (81,25%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 siswa (18,75%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,71 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 81,25%. Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I ke posttest siklus II. Dikarenakan kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran gambar teknik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE); Aktivitas Siswa; Hasil Belajar Gambar Teknik |
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 03:57 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 03:57 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65645 |
