Tambunan, Septy Haryanto (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5141121028 COVER.pdf
Download (40kB)
2. NIM 5141121028 APPROVAL SHEET.pdf
Download (138kB)
3. NIM 5141121028 ABSTRACT.pdf
Download (60kB)
4. NIM 5141121028 PREAFACE.pdf
Download (72kB)
5. NIM 5141121028 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (85kB)
6. NIM 5141121028 TABLES.pdf
Download (45kB)
7. NIM 5141121028 ILLUSTRATION.pdf
Download (38kB)
8. NIM 5141121028 APPENDICES.pdf
Download (38kB)
9. NIM 5141121028 CHAPTER I.pdf
Download (252kB)
10. NIM 5141121028 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (316kB)
11. NIM 5141121028 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (416kB)
12. NIM 5141121028 CHAPTER VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 5141121028 CHAPTER V.pdf
Download (87kB)
14. NIM 5141121028 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (34kB)
15. NIM 5141121028 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning mata pelajaran Menggambar Teknik pada Pokok Bahasan Gambar Proyeksi Siswa Kelas X TPM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart. Alur penelitian terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Kelas X TPM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 31 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar Gambar Teknik siswa kelas X TPM SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada setiap siklus. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 61,29%, dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sekolah sebanyak 19 siswa dan nilai rata rata kelas sebesar 73,70. Pada siklus II meningkat menjadi 83,87%, dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sekolah sebanyak 26 siswa dan nilai rata-rata kelas mencapai 83.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar; Menggambar Teknik |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 03:24 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 03:24 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65641 |
