Damanik, Tania AD (2019) Pengaruh Penggunaan Jobsheet Terhadap hasil Belajar Pembuatan Saku Klep Siswa SMK Negeri 1 Stabat. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5123141038 COVER.pdf
Download (50kB)
2. 5123141038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (835kB)
3. 5123141038 ABSTRAK.pdf
Download (218kB)
4. 5123141038 KATA PENGANTAR.pdf
Download (363kB)
5. 5123141038 Daftar isi.pdf
Download (362kB)
6. 5123141038 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (241kB)
7. 5123141038 DAFTAR TABEL.pdf
Download (213kB)
8. 5123141038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (242kB)
9. 5123141038 BAB I.pdf
Download (462kB)
10. 5123141038 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. 5123141038 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (682kB)
12. 5123141038 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (625kB)
13. 5123141038 BAB V.pdf
Download (147kB)
14. 5123141038 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (147kB)
15. 5123141038 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa dalam pembuatan saku klep tanpa menggunakan jobsheet pada mata pelajaran pembuatan busana ( custom-made) siswa kelas XII SMK Negeri 1 Stabat. 2) Hasil belajar siswa dalam pembuatan saku klep dengan menggunakan jobsheet mata pelajaran pembuatan busana (Costom-made) siswa kelas XII SMK Negeri 1 Stabat. 3) pengaruh penggunaan jobsheet terhadap hasil belajar siswa dalam pembuatan saku klep pada mata pelajaran pembuatan busana (Custom-made) siswa kelas XII SMK Negeri 1 Stabat. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XII Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, yakni kelas XII busana 1 sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XII Tata Busana 2 sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu penelitian yang membandingkan antara kelas yang tidak diberikan perlakuan (kontrol) dengan kelas yang diberikan perlakuan (eksperimen). Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan yang divalidasikan oleh validator yang kompeten. Pengamatan diamati oleh beberapa Pengamat yang ahli dalam bidangnya. Pengamatan dinilai dengan pemberian skor dengan bobot 4, 3, 2, dan 1. Teknik analisis data menggunakan rumus mean, standar deviasi, uji kecenderungan, uji kesepakatan pengamat, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan skor rata-rata= 89,38 dan untuk kelas kontrol dengan skor rata-rata= 68,42. Hasil uji normalitas data hasil belajar siswa kelas eksperimen berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel (-0,083 < 0,157) dan data hasil belajar siswa kelas kontrol berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel (0,139 < 0,159) dan kedua varians data adalah homogen karena Fhitung < Ftabel yaitu 1,78 < 1,83. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menerapkan media pembelajaran jobsheet terhadap hasil belajar pembuatan saku klep di kelas XII Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat yang dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 5,633 > 1,67 dengan kata lain hipotesa Ha yang berbunyi: “Pengaruh Penggunaan Jobsheet Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Saku Klep Siswa SMK Negeri 1 Stabat”, diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Jobsheet; Saku Klep |
| Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 01:55 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 01:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65635 |
