Pakpahan, Novan Ryanti (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Celana Wanita Kelas X SMK Negeri 8 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143141009 COVER.pdf
Download (73kB)
2. NIM. 5143141009 APPROVAL SHEET.pdf
Download (396kB)
3. NIM. 5143141009 ABSTRACT.pdf
Download (65kB)
4. NIM. 5143141009 PREFACE.pdf
Download (210kB)
5. NIM. 5143141009 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (145kB)
6. NIM. 5143141009 TABLE.pdf
Download (178kB)
7. NIM. 5143141009 ILLUSTRATION.pdf
Download (113kB)
8. NIM. 5143141009 CHAPTER I.pdf
Download (358kB)
9. NIM. 5143141009 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
10. NIM. 5143141009 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM. 5143141009 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (827kB)
12. NIM. 5143141009 CHAPTER V.pdf
Download (125kB)
13. NIM. 5143141009 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (178kB)
14. NIM. 5143141009 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pola celana wanita dengan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan.2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar pola celana wanita dengan model pembelajaran Ekspositori siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap hasil belajar pembuatan pola celana wanita kelas X SMK Negeri 8 Medan. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 8 Medan, Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak dua kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampel yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan kelas secara acak untuk menetukan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas X Tata Busana 1 dan X Tata Busana 2 dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar pembuatan pola celana wanita kelas X SMK Negeri 8 Medan untuk kelas eksperimen cenderung tinggi yaitu 74.28%, dan tingkat kecenderungan hasil belajar pembuatan pola celana wanita kelas X SMK Negeri 8 Medan untuk kelas kontrol tergolong kurang yaitu 71.42 %. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan 0.05 dengan dk = 35, diperoleh data hasil belajar pembutan pola celana wanita kelas eksperimen berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel ( 0.1338 < 0.1478 ) dan kelas kontrol berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel ( 0.0737 < 0.1478 ). Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu (1.0 < 1.8 ) sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogeny). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 220.94341 > 1.99734 pada taraf signifikan 0.05 dengan dk = 68. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap hasil belajar pembuatan pola celana wanita kelas X SMK Negeri 8 Medan. Berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat dilihat bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) baik digunakan di SMK Negeri 8 Medan terutama dalam mata pelajaran pembuatan pola.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran; Project Based Learning (PJBL); Membuat Pola Celana Wanita |
| Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:55 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65625 |
