Wahida, Nurul (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 101777 SAENTIS KEC. PERCUT SEI TUAN KAB.DELI SERDANG T.A 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313253 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
108313253 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108313253 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
108313253 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313253 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313253 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313253 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108313253 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
108313253 BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
108313253 BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
108313253 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada soal cerita perkalian dan pembagian pecahan di kelas IV SD Negeri 101777 Saentis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita perkalian dan pembagian pecahan.Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah “Hasil belajar siswa pada materi pokok soal cerita perkalian dan pembagian pecahan akan meningkat, jika metode latihan diimplementasikan dengan benar pada siswa kelas IV SD Negeri 101777 Saentis T.A 2011/2012.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101777 Saentis, dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model metode latihan. Dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis dalam bentuk isian dan lembar observasi. Berdasarkan tes awal (pre test) yang dilakukan terhadap 28 siswa terdapat 21 orang siswa (75%) yang mendapatkan hasil belajar rendah (belum tuntas) dan sebanyak 7 orang siswa (25%) yang termasuk dalam kategori tuntas. Kemudian pada siklus I terdapat 15 orang siswa (53,57%) yang termasuk pada kategori tuntas dan sebanyak 13 orang siswa (46,43%) termasuk dalam kategori rendah (belum tuntas). Pada siklus II terdapat 23 orang siswa (82,14%) termasuk dalam kategori tuntas, dan sebanyak 5 orang siswa (17,86%) termasuk dalam kategori rendah (belum tuntas) .Berdasarkan hasil penelitiaan mulai dari pre test, post tes siklus I dan post tes siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok soal cerita perkalian dan pembagian pecahan di SD Negeri 101777 Saentis T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Wah m |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Metode Latihan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6562 |