Rambe, Emmi Yusni (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TSTS (TWO STAY TWO STRAY) PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101777 SAENTIS TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313090 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313090 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
108313090 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313090 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313090 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313090 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313090 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313090 BAB I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
108313090 BAB V.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) dapatmeningkatkan belajar siswa pada pelajaran IPS Pokok Bahasan Kriminalitas diKelas IV SD Negeri 101777 Saentis Tahun Ajaran 2011/2012? Penelitian inibertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS denganmenggunakan pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) kelas IV SDNeger i 101777 Saentis Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 32 orang siswa.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedurtindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaranterdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan ref leksi. Cara pengambilandata dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II.Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa mencapaitingkat ketuntasan klasikal sebesar > 70.Berdasarkan analisis data pada awal tindakan tingkat ketuntasan belajarsiswa secara klasikal dapat diketahui dar i 32 orang siswa terdapat sebanyak 4orang siswa dengan persentase 15% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 28 orangsiswa 85% mendapat nilai belum tuntas. Pada siklus I sebanyak 18 orang siswa53,12% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 14 orang siswa 43,75% mendapatnilai belum tuntas. Pada siklus II sebanyak 30 orang siswa 93,75% mendapat nilaituntas, dan sebanyak 2 orang siswa 6,25% mendapat nilai belum tuntas.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan pembelajaranTwo Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokokkriminalitas di kelas IV SD Negeri 101777 Saentis Tahun Ajaran 2011/2012. Olehkarenanya guru perlu meningkatkan keterampilan mengajarnya khususnya denganmenerapkan Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai upaya untuk meningkatkanhasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ram m |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Two Stay Two Stray; IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Sep 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6561 |