Pengembangan Media Matematika Digital Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 16 Medan

Br.Napitupulu, Sarah Sonia and Kairuddin (2024) Pengembangan Media Matematika Digital Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 16 Medan. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika digital dengan pendekatan pendidikan matematika realistik yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Media digital yang telah dikembangkan memenuhi kriteria validitas berdasarkan penilaian validator materi dan media memiliki nilai rata-rata persentase validitas berturut-turut sebesar 88,67% dan 86,13% dengan kategori sangat layak (2) Media digital yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan: a) hasil angket guru pada media menunjukkan relevansi praktis sebesar 91,6 % dalam kategori sangat praktis; (b) hasil angket siswa pada siswa menunjukan relevansi praktis sebesar 82,25% dalam kategori sangat praktis; (3) media yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan: (a) ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 86,67%; (b) 83,68% siswa mencapai tujuan pembelajaran untuk rerata masing masing indikator; (c) Waktu pembelajaran sama dengan pembelajaran biasa pada uji lapangan dan mendapatkan respon positif dari siswa terhadap media. Uji analisis N-Gain menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan media digital rata-rata nilai N-gain siswa sebesar 0,68 artinya berada pada kategori sedang

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Media Digital, Pendidikan MatematikaRealistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Nov 2025 11:19
Last Modified: 25 Nov 2025 11:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65608

Actions (login required)

View Item
View Item