Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Berbantuan Classpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII

Lumban Tobing, Eviyanti and Siregar, Tiur Malasari (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Berbantuan Classpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan LKPD ini bertujuan mendukung pembelajaran di sekolah. Penelitian ini fokus pada pengembangan LKPD berbasis etnomatematika yang memanfaatkan ClassPoint dengan tujuan meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode yg digunakan, yaitu Penelitian serta Pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE, yang mencakup lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, serta Evaluasi yang melibatkan 30 siswa kelas VII-1 di SMP Negeri 17 Medan menjadi objek penelitian. Instrumen yg dipergunakan mencakup angket validasi ahli materi dan ahli media, angket kepraktisan dari guru serta peserta didik, dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid, dengan hasil validasi dari ahli materi sejumlah 81,35% serta dari ahli media sebesar 76,06%. (2) LKPD dinyatakan praktis dengan skor respons guru sejumlah 86,66% dan dari peserta didik sejumlah 78,83%. (3) LKPD efektif dalam meningkatkan minat belajar, dengan peningkatan dari 71,16% menjadi 82,88%. (4) Peningkatan minat belajar sebelum dan setelah penggunaan LKPD, yang dihitung menggunakan rumus N gain, diperoleh peningkatan sebanyak 0.40, tergolong dalam kategori sedang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: ClassPoint; Etnomatematika; LKPD; Minat Belajar; Penelitian dan Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Nov 2025 09:26
Last Modified: 25 Nov 2025 09:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65601

Actions (login required)

View Item
View Item