Telaumbanua, Bernice Nathania (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VII Di UPT SMP Negeri 37 Medan. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengenali efektivitas dan konsekuensi model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di kelas VII UPT SMP Negeri 37 Medan. Metode yang diaplikasikan terhadap penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berorientasi pada desain penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 37 Medan T.A 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dan VII-D di UPT SMP Negeri 37 Medan T.A 2024/2025 yang masing-masing beranggotakan 30 anak yang dipilih dengan memanfaatkan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang diterapkan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan Independent Sampel T-Test dan uji N-Gain. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) analisis data dengan Independent Sampel T-Test, nilai thitung1,67155 dengan nilai Sig < x yaitu 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa antara model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran konvensional; (2) analisis data dengan N-Gain diperoleh rata-rata persentase N-Gain skor pada kelas eksperimen dengan pola pembelajaran Discovery Learning sebesar 61,6% yang berada pada kategori cukup efektif dan kelas kontrol dengan pola pembelajaran konvensional sebesar 12% yang berada pada kategori tidak efektif.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | Discovery Learning, Kemampuan Literasi Numerasi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 08:58 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 09:41 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65599 |
