Bakara, Nehemia Ebenna Ezeria (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 35 Medan. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji bagaimana kemampuan penalaran matematis dipengaruhi oleh model pembelajaran discovery learning berbantuan Geogebra. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025 di SMP Negeri 35 Medan. Metodologi penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Sampel untuk kelas eskperimen yaitu kelas VIII-3 dan kelas kontrol yaitu kelas VIII-4 dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data kemampuan penalaran matematis melalui penilaian tes. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji-t berbantuankan aplikasi IBM SPSS 25 dan uji N-Gain. Hasil dari temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan dipengaruhi oleh model pembelajaran discovery learning berbantuan Geogebra. Artinya, terdapat perbedaan di mana nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen berbeda dengan nilai rata-rata kelas kontrol, berdasarkan temuan uji-t terhadap dua sampel independen, diperoleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil dari uji N-Gain juga menunjukkan bahwa siswa yang dikenai model pembelajaran discovery learning berbantuan Geogebra mendapat peningkatan kemampuan penalaran matematis yang lebih tinggi serta terbukti cukup efektif dalam menerapkannya, dibandingkan dengan siswa yang tidak dikenai model pembelajaran discovery learning berbantuan Geogebra.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | Discovery Learning; Geogebra; Kemampuan penalaran matematis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 04:54 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 04:54 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65558 |
