Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VIII

Sinaga, Elena Putri and Sitompul, Pardomuan (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VIII. In: Prosiding Seminar Nasional Jurusan Matematika Transformasi, Rekonstruksi, dan Integrasi Keilmuan dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi dan Kolaborasi, 20 November 2024, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan demi mengembangkan video pembelajaran matematika pada materi statistika guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Sampel penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas VIII-1 di SMP Swasta Pertiwi Medan. Data dikumpulkan melalui studi literatur, observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika, didukung oleh validasi ahli media dengan skor 4,4% (valid) dan validasi ahli materi dengan skor 4,34% (valid). Selain itu, video tersebut mendapatkan penilaian 87,08% dari praktisi pembelajaran, dengan kriteria "sangat praktis". Untuk keefektifan, respon siswa menunjukkan persentase 99,63% dalam kategori "sangat efektif". Oleh karena itu, video pembelajaran matematika tentang materi statistika yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, efektif, dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matematika. Kemudian untuk peningkatan motivasi siswa diperoleh peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelumnya hanya 44,07% menjadi 99,63% dengan peningkatan motivasi belajar sebesar 55,56%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Penelitian Pengembangan, Video Pembelajaran Matematika, Statistika, Motivasi Belajar Matematika, Model ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Nov 2025 04:24
Last Modified: 24 Nov 2025 04:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65553

Actions (login required)

View Item
View Item