SYAFITRI, AMALIA (2019) Pengaruh Metode pembelajaran Drill (Latihan) Berbantuan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Celana Panjang Wanita Kelas X SMK Negeri 1 Stabat. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5122141001 COVER.pdf
Download (58kB)
02. NIM 5122141001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (594kB)
03. NIM 5122141001 ABSTRACT.pdf
Download (184kB)
04. NIM 5122141001 PREFACE.pdf
Download (212kB)
05. NIM 5122141001 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (171kB)
06. NIM 5122141001 PICTURES.pdf
Download (115kB)
07. NIM 5122141001 TABLE.pdf
Download (114kB)
08. NIM 5122141001 APPENDICES.pdf
Download (114kB)
09. NIM 5122141001 CHAPTER I.pdf
Download (465kB)
10. NIM 5122141001 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. NIM 5122141001 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (915kB)
12. NIM 5122141001 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (749kB)
13. NIM 5122141001 CHAPTER V.pdf
Download (142kB)
14. NIM 5122141001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (170kB)
15. NIM 5122141001 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar pembuatan pola celana panjang wanita tanpa menggunakan metode drill (latihan) berbantuan media flipchart, 2) Untuk mengetahui hasil belajar pembuatan pola celana panjang wanita dengan menggunakan metode drill (latihan) berbantuan media flipchart, dan juga (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode drill (latihan) berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar pembuatan pola celana panjang wanita. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan populasi seluruh kelas X sebanyak 2 kelas berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling. Sampel sebanyak 2 kelas dengan jumlah 70 siswa, kelas X BB1 dan kelas X BB2 masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan yang divalidasikan oleh validator yang kompeten. Pengamatan diamati oleh beberapa Pengamat yang ahli dalam bidangnya. Pengamatan dinilai dengan pemberian skor dengan bobot 4, 3, 2, dan 1. Teknik analisis data menggunakan rumus mean, standar deviasi, uji kecenderungan, uji kesepakatan pengamat, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata= 87 dan untuk kelas kontrol dengan nilai rata-rata= 77. Hasil uji normalitas data hasil belajar siswa kelas eksperimen berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel (0,071 < 0,150) dan data hasil belajar siswa kelas kontrol berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel (0,1373 < 0,1500) dan kedua varians data adalah homogen karena Fhitung < Ftabel yaitu 0,45 < 1,69. Dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada pembuatan pola celana panjang wanita menggunakan model pembelajaran konvensional cenderung rendah sebanyak 86%, (2) Hasil belajar siswa pada pembuatan pola celana dengan menggunakan metode drill berbantuan media flipchart cenderung tinggi sebanyak 74%, dan (3) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran drill (latihan) berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar pembuatan pola celana panjang wanita yang dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 33,3 > 1,669 dengan kata lain hipotesa Ha yang berbunyi: “Pengaruh Metode pembelajaran Drill (Latihan) Berbantuan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Pola Celana Panjang Wanita kelas X SMK Negeri 1 Stabat”, diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Drill (Latihan); Flipchart; Pola Celana Panjang Wanita |
| Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 04:10 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 04:10 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65551 |
