Manurung, Lely Kristina (2012) PENGGUNAAN METODE EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 105334 PENARA KEBUN TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2011 /2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311035 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1104311035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
1104311035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
1104311035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
1104311035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
1104311035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1104311035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1104311035 BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
1104311035 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
1104311035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan dan skala dilaksanakan penelitian dengan menggunakan pembelajan metode Edutainment pada siswa kelas V SD Negeri No. 105334 Penara Kebun Tanjung Morawa.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri NO.105334 Penara Kebun Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Metode Edutainment dengan Tujuan untuk Meningkatkan Kemampuan siswa Untuk Menyelesaikan Soal Cerita pada materi Perbandingan dan skala di SD No.105334 Penara Kebun Tanjung Morawa, adapun subjek penelitian ini adalah terdiri dari 17 orang laki-laki dan 20 perempuan yang berjumlah 37 orang siswa.Penelitian ini terdiri dari II Siklus, Siklus I dan Siklus II sebelum dilakukan tindakan pada Siklus I, Peneliti memberikan Pree Test untuk mengetahui letak kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan dan skala. Kemudian diakhiri Siklus I dan Siklus II diberikan LKS-I dan LKS-II.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai saat pree test 37,99 dan meningkat menjadi 54,11 pada Siklus I pada hasil tes Siklus II meningkat menjadi 75,29. pada saat pre tes tingkat ketuntasan belajar siswa adalah 11,76% dengan ketercapaian test hasil belajar siswa tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 86,29% dan tingkat ketercapaian test hasil belajar siswa telah mencapai standart ketuntasan belajar siswa diatas 85%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode edutainment dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita perbandingan dan skala pada siswa kelas V SD Negeri No.105334 Penara Kebun Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2011 / 2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Man p |
Keywords: | Metode Edutaiment; Kemampuan Siswa; Soal Cerita Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6555 |