Nursandi (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS IV SD NEGERI 040446 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313250 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313250 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
108313250 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313250 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313250 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313250 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313250 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313250 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313250 BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
108313250 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
108313250 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasilbelajar siswa pada materi perkembangan teknologi komunikasi di kelas IV SD Neger i040446 Kabanjahe. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswapada materi perkembangan teknologi komunikasi dengan menggunakan metodedemonstrasi di kelas IV SD Neger i 040446 Kabanjahe.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalampenelitian sebanyak 38 orang siswa terdiri dari 21 laki-laki dan 17 perempuan.Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dar i 4 tahap yaituperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikanberupa soal pilihan ganda dengan 10 butir soal. Soal yang diber ikan 3 kali yaitu tesawal, siklus I dan siklus II. sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswadalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan pada saat dilakukan tes awal dari 38 orangsiswa diperoleh 5 orang siswa (13,16%) yang mendapat nilai tuntas dan 33 siswa(86,84%) yang mendapat nilai tidak tuntas, selanjutnya pada siklus I naik menjadi 13orang siswa (34,21%) yang mendapat nilai tuntas dan 25 siswa (65,79%) yangmendapat nilai tidak tuntas, pada siklus II dari 38 orang siswa diperoleh 33 orangsiswa (86,84%) siswa mendapat nilai tuntas dan 5 siswa (13,16%) mendapat nilaitidak tuntas.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasidapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasanperkembangan teknologi komunikasi kelas IV SD Negeri 040446 Kabanjahe
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Har m |
Keywords: | Hasil Belajar; IPS; Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6553 |