Limbong, Ditya Khairani and Fauzi, Muhammad Amin (2024) Optimalisasi Pemahaman Konsep Matematis: Pengembangan Media E-Komik Digital Berbasis Pendekatan RME pada Siswa SMP PTPN IV Dolok Sinumbah. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, Dan Integrasi Keilmuan Dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi Dan Kolaborasi, 20 November 2025, Medan.
Article.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media E-Komik berbasis pendekatan RME pada pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras. Metode yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMP Swasta PTPN IV Dolok Sinumbah, dengan objek media E-Komik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kevalidan media E-Komik memperoleh rata-rata 82,22% dan modul ajar 79,17%, keduanya sangat valid. 2) Kepraktisan media E-Komik dinilai sangat praktis oleh guru (95%) dan uji skala kecil (85,42%), serta praktis pada uji lapangan (84,7%). 3) Keefektifan E-Komik terbukti dengan: a) kemampuan guru mengelola pembelajaran mencapai 3,48 (baik), b) ketuntasan belajar klasikal 88,23%, c) respons siswa sangat positif 94,7%, d) indikator pembelajaran tercapai 85,29%, e) peningkatan pemahaman konsep matematis siswa, dengan rata-rata pretest 47,06 dan posttest 84,93, serta N-gain 0,71 (tinggi). Sehingga dapat disimpulkan media E-Komik berbasis pendekatan RME sangat valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi teorema Pythagoras.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Proceeding) |
|---|---|
| Keywords: | E-Komik; Pendekatan RME; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 01:49 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 01:49 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65500 |
