Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Saragih, Bertha Marlini and Fauzi, Muhammad Amin (2024) Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. In: Prosiding Seminar Nasional Matematika : Transformasi, Rekonstruksi, Dan Integrasi Keilmuan Dalam Pembelajaran Matematika Menuju Era Inovasi Dan Kolaborasi, 20 November 2025, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning dengan bantuan canva untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dan berlandaskan model pengembangan ADDIE yang tahapannya yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa/i kelas VIII UPT SMP N 37 Medan sebanyak 30 orang. Untuk melihat kelayakan LKPD, digunakan angket validasi dan respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan. Hasil temuan menunjukkan bahwa 1)LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4,24 dan validasi RPP dengan rata-rata 4,25 termasuk dalam kriteria valid; 2)LKPD berbasis PBL dinyatakan praktis, dengan rata-rata hasil angket respon siswa 3,51 dan rata-rata hasil angket respon guru 3,6 tergolong dalam kategori praktis; 3)LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan rata-rata peningkatan dari hasil pretest ke hasil posttest sebesar 27,41; 4)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dilihat berdasarkan n gain, diperoleh skor sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan LKPD yang dikembangkan sudah layak dan memili dampak positif sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Pengembangan LKPD; Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Nov 2025 01:44
Last Modified: 04 Nov 2025 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65469

Actions (login required)

View Item
View Item