Yani, Erma (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313092 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
108313092 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108313092 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313092 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313092 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313092 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313092 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313092 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313092 BAB I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
108313092 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
108313092 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi benda tenggelam dan terapung di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung T.A 2011/2012 . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi benda tenggelam dan terapung dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung T.A 2011/2012 . subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD N101767 Tembung yang berjumlah 37 orang. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Model ini adalah menempatkan siswa kedalam kelompok untuk berpikir secara analitis dan kreatif sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang diinginkan. Subyek dalam PTK ini adalah siswa kelas IVa SD Negeri 101767 Tembung.Hasil penelitian dari 37 orang siswa pada siklus I terjadi peningkatan dengan persentase yaitu 18,91% (7 orang) mencapai motivasi kategori tinggi, 51,3% (19 orang) mencapai motivasi kategori sedang, 29,7% (11 orang) mencapai kategori rendah dan pada siklus II kembali meningkat yakni 78,38% (29 orang) mencapai motivasi kategori tinggi, 16,21% (6 orang) mencapai motivasi kategori sedang, 5,4% (2 orang) mencapai motivasi kategori rendah. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Yan u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6541 |